Rabu, 14 Mei 2014

AGAMA HINDU DALAM KEBIDANAN


EKSISTENSI KELUARGA SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN
DISAMPAIKAN
DRS. I NYOMAN WARTA, M.HUM
KELUARGA SUKINAH DIAWALI DENGAN
n  UPACARA PERKAWINAN/ SAMSKARA WIWAHA ATAS DASAR CINTA  SAMA CINTA
n  PERKAWINAN MERUPAKAN KEBUTUHAN VITAL BAGI MANUSIA NORMAL, DALAM USAHANYA MELANJUTKAN KETURUNAN, KELUARGA DAN STATUSNYA.
DALAM SLOKA DHARMAJATI
n  “OM PRADANAM PURUSA SANG YOGA YA,WINDU DEWATAYA, BHOKTRA JAGATNATAYA “
n  YA, TUHAN,ENGKAU MENCIPTAKAN DAN MEMPERSATUKAN KAUM LAKI-LAKI DAN KAUM PEREMPUAN SERTA MENGHIDUPKANNYA DAN MENGEMBANG BIAKKAN DUNIA BESERTA ISINYA DALAM TUGAS DAN KEDUDUKANNYA MASING-MASING DIMASYARAKAT
PERKAWINAN MERUPAKAN KODRAT
n  HENDAKNYA DIJALANI DENGAN KESUCIAN LAHIR DAN BATHIN
n  PERKAWINAN  MERUPAKAN NILAI SAKRAL
n  PERKAWINAN MERUPAKAN YADNYA
n  PERKAWINAN  MERUPAKAN PENGORBANAN LAHIR DAN BATHIN
n  PERKAWINAN HARUS LANGGENG
n  PERKAINAN HANYA SEKALI DALAM KEHIDUPAN
n  PERKAWINAN MERUPAKAN PINTU GERBANG MENUJU SORGA, MOKSA DAN SUNYA
WEDA MENGAJARKAN CATUR ASRAMA
n  FASE BRAHMACARI ASRAMA
n  FASE GRAHASTA ASRAMA
n  FASE WANA PRASTA ASRAMA
n  FASE BHIKSUKA/SANYASIN ASRAMA
FASE GRASTA ASRAMA
n  DALAM MANAWA DHARMA SASTRA BAB.VI.SLOKA 89 DINYATAKAN :
n  SARWESAMAPI CAITESAM WEDA SMRTI WIDHANATAH, GRIHASTA UCYATE CRESTHAH SA STRINETAN BIBHARTI HI; artinya:
n  Sesuai dengan ketentuan dari weda smerti kepala rumah tangga dinyatakan paling atas dari yang lainnya itu, karena tahap ini menunjang ketiga tahapan lainnya itu.
KELUARGA SBG PUSAT KEBAHAGIAAN
n  PENGATURAN LETAK BANGUNAN
n  MEMILIH PASANGAN HIDUP
n  SANGGAMA( HUBUNGAN SEKSUAL
PENGARUH TATA LETAK BANGUNAN
n  NISTA (  ALAM BHUR )
n  MADYA ( ALAM BWAH )
n  UTAMA ( ALAM SWAH )
MEMILIH PASANGAN HIDUP
n  MEMILIH BIBIT ( KETURUNAN )
n  MEMILIH BEBET (DERAJAT)
n  MEMILIH BOBOT ( STATUS SOSIAL )
MANAWA DHARMA SASTRA
MENYATAKAN BAB.III.SLOKA 10
n  WANITA YANG BOLEH DIJADIKAN ISTRI SBB:
n  AWYANGGANGGIM SAUMYANAMIM HAMSA WARNA GAMINIM,TANULOMA KECADACANAM MRDWANGGI MUDWAHET STRIYAM,artinya
n  Hendaknya ia mengawini wanita yg tdk cacat tubuhnya, yg mempunyai nama yang pantas, yg jalannya seperti seekor angsa/seekor gajah, yg bulu badannya/kepalanya tdk terlalu tebal, mempunyai gigi kecil dan anggota badan yg lembut.
HUBUNGAN SEKSUAL
n  PERANAN SEKSUAL DALAM MEMELIHARA RUMAH TANGGA YANG HARMONIS DAN DHARMIKA HENDAKNYA MENDAPAT PERHATIAN YG SUNGGUH-SUNGGUH
n  KETIDAK PUASAN SENGGAMA BISA MENENGGELAMKAN BHATARA RUMAH TANGGA
n  KEHARMONISAN DALAM HAL SENGGAMA DAPAT MELANGGENGKAN  IKATAN  PERKAWINAN /KEHARMINISAN RUMAH TANGGA
n  SUAMI MAUPUN ISTRI HENDAKNYA SELALU MEMELIHARA KESELARANSAN HUBUNGAN SEKSUAL
n  ISTRI PATUT WASPADA TERHADAP  KEINGINAN SWAMI, BEGITU JUGA SANG SUWAMI WAJIB MEMENUHI KEBUTUHAN SANG ISTRI SESUAI DENGAN KEMAMPUANNYA.
n  KEDUANYA HARUS MENGATUR DIRI AGAR LEBIH MENARIK, SEHINGGA KEBAHAGIAAN KELUARGA BISA HARMONIS.
DALAM MANAWA DHARMA SASTRA BAB.III SLOKA 60 :
n  Samtusto bharyaya bharta, bhartra tathaiwa ca, ca yasminnewa kule nityam,kalyanam tatra wai dhruwam “
n  Pada keluarga di mana suami berbahagia dengan istrinya,dan demikian pula sang istri terhadap suaminya, kebahagiaan pasti kekal
KELUARGA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN
n  DARI SEGI PENDIDIKAN,KELUARGA,RUMAH TANGGA MERUPAKAN LEMBAGA PENDIDIKAN DISAMPING  SEKOLAH DAN MASYARAKAT
n  KELUARGA MERUPAKAN LEMBAGA PENDIDIKAN UTAMA DAN PERTAMA BAGI ANAK-ANAK
n  ORANG TUA/IBU PERTAMA KALINYA ANAK2 MEMPEROLEH PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN DARI ORANG TUANYA.
n  MULAI DARI  BERCAKAP-CAKAP, MENGENAL ANGGOTA BADAN, ANGGOTA  KELUARGA, RUMAH TANGGA DAN SEBAGAINYA.
TRI PUSAT PENDIDIKAN
n  RUMAH TANGGA
n  SEKOLAH
n  MASYARAKAT
PERAN GURU RUPAKA/ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN
n  PERAN ORANG TUA TERUTAMA IBU SANGAT DOMINAN BERPERAN  DALAM PROSES PENDIDIKAN SIANAK
n  SEDANGKAN BAPAK/SANG AYAH LEBIH BERSIFAT MENGAWASI,MELURUSKAN DAN MENYEMPURNAKAN PROSES PENDIDIKAN TERSEBUT.
n  SANG IBU DAPAT DIUMPAMAKAN SEBAGAI SEORANG ARSITEK DALAM RUMAH TANGGA, DARI MENGATUR RUANGAN, KEBERSIHAN, KERAPIAN DAN SUASANA SEGAR DALAM RUMAH TANGGA.
n  SANG IBU MENJADI KUNCI UTAMA DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI DAN WATAK SIANAK
CINTA KASIH ORANG TUA
n  DARI DALAM KANDUNGAN SELAMA 9 BULAN BAYI DALAM KANDUNGAN SANGAT MEMEMERLUKAN KASING SAYANG DARI SANG IBU
n  DARI MELAHIRKAN, MEREWAT, MEMBESARKAN DAN MENDIDIK:
n  KASIH SAYANG
n  BELAJAR BERBICARA
n  BELAJAR TATA SUSILA
n  BELAJAR AGAMA
n  SEMBAHYANG MANA YANG BAIK/ BURUK
n  BELAJAR BERMASYARAKAT DSB.
PERAN GURU RUPAKA
n  MEMBERIKAN PENDIDIKAN TIDAK TERBATAS
n  TIDAK MENDAPATKAN IMBALAM
n  TIDAK TERGANTUNG WAKTU DAN RUANG
n  IKUT MENENTUKAN MASA DEPAN ANAKNYA
n  PENDIDIKAN ORANG TUA SEBAGAI PAHLAWAN TANPA TANDA JASA
n  PENDIDIKAN ORANG TUA TIDAK TERGANTUNG KURIKULUM
n  MANUN SANGAT PENENTUKAN PROSES PENDIDIKAN  SELANJUTNYA.
RUMAH TANGGA SEKOLAH TANPA BATAS
n  BELAJAR MEMBACA
n  BELAJAR MEKIDUNG
n  BELAJAR SLOKA
n  BELAJAR PALAWAKYA
n  BELAJAR KEKAWIN
n  BELAJAR MOCOPATAN/PUPUH
n  BELAJAR MEJEJAHITAN
n  BELAJAR MENARI
n  BELAJAR BERMASYARAKAT
n  BELAJAR MEMBUAT KELAKAT, SENGKUI PERALATAN SESAJI DSB.
KEUTAMAAN ISTRI
n  PRAJANARTHAM MAHABHAGAH PUJARHA GRHDIPTAYAH,STRITAY CRIYACCA GEHESU NA WISESO ISTRI KACCAM ( W.Smrti:IX.26)
n  Diantara wanita-wanita ditakdirkan untuk mengandung anak,enjamin rahmat pahala,yang layak untuk dipuja dan menyemarakkan tempat tinggalnya dan diantara dewi-dewi yang  merahmati terhadap rumah seorang laki-laki,tak ada bedanya diantara mereka.
OM SANTI SANTI SANTI OM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar